Perbedaan Debian 8 dengan Debian 9

Perbedaan Debian 8 dengan Debian 9

Assalamu'alaikum WR.WB

Selamat pagi hari ini saya akan membahas tentang perbedaan Debian 8 dengan Debian 9. saya membahas ini hanya untuk menambah pengetahuan saya dalam dunia Server.

1. “ifconfig not found” karena apa package “net-tools” belum diinstall dan diganti dengan “ip addr”.


2. Perbedaan nama interface pada Debian 8 dengan Debian 9
contoh :
  1. Debian 8 : eth0,eth1,eth2 dan seterusnya.
  2. Debian 9 : enp0s3, enp0s8 dan seterusnya.



3. “Nslookup not found” karena package “dnsutils” belum juga diinsall.




4. Tidak dapat install squirrelmail di debian 9 karena udah diganti dengan roundcube.



5. paket courier-base dulu sebelum install courier-pop didebian 9.


Kesimpulannya :

mungkin di Debian 9 ini security lebih bagus pastinya terus paket-nya juga terpisah. Ya saran saya galih semua apa yang berhubungan dengan server.

Sekian dari Saya

Wassalamu'alaikum WR.WB