Konfigurasi Firewall Dsnat di IPTABLES Debian 10

Konfigurasi Firewall Dsnat di IPTABLES Debian 10

Konfigurasi Port Forwarding di IPTABLES Debian 10

Assalamu'alaikum wr.wb

Konfigurasi Port Forwarding di IPTABLES Debian 10 - Sudah sekian lama tidak upload artikel kali ini saya akan sedikit sharing mengenai konfigurasi firewall dsnat atau port forwading menggunakkan iptables on debian 10. Dsnat memiliki fungsi untuk mengubah destination address pada sebuah paket data. Biasa digunakan untuk membuat host dalam jaringan lokal dapat diakses dari luar jaringan (internet) dengan cara NAT akan mengganti alamat IP tujuan paket dengan alamat IP lokal. Jadi kesimpulan fungsi dari chain ini adalah untuk mengubah/mengganti IP Address tujuan pada sebuah paket data.

Topologi saya membuat firewall dsnat ini adalah ada sebuah perangkat router saya dirumah yang tidak ada ip public supaya dapat saya remote dari luar, saya menggunakkan koneksi vpn ke server vpn yang saya buat konfigurasi vpn sebelumnya. Server vpn saya tidak besar hanya berkapasitas 512Mb dan pakai SSD beli di Domainesia

Nah mungkin itu saja sedikit penjelasan dan tujuan kita konfigurasi tersebut. Langkah selanjut ikuti langkah-langkah settingannya.

Langkah pertama, saya sudah setting vpn server dengan pptp server dan sudah konek diperangkat router saya dirumah dengan pptp client.

Langkah kedua, setting firewall dsnat di sisi server vpn saya lampirkan gambar berikut ini :


root@freewifi:~# iptables -t nat -A PREROUTING -p tcp  --dport 929 -d ip_public_vps -j DNAT --to-destination 10.100.10.2:8291  root@freewifi:~# iptables -t nat -A POSTROUTING -o ppp0 -j MASQUERADE


Langkah ketiga, bisa diremote router dari koneksi luar


#Firewall #Dsnat #Debian #Buster

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb